PELATIHAN MONITORING PEREMPUAN -->

Advertisement

Masukkan script iklan 970x90px

PELATIHAN MONITORING PEREMPUAN

Sunday, July 17, 2011

Kabupaten Serang. Sebanyak 75 orang perempuan perwakilan dari 10 Desa yang berada di Kecamatan Carenang mendapatkan pelatihan tim monitoring perempuan. Pelatihan ini bertempat di Gedung balai pertanian Carenang, dimulai dari jam 09.00 wib sampai 16.30 wib dengan lancar,Kamis (14/7). Camat Carenang Drs Khairil Anwar M.Si berkenan Hadir dan sekaligus membuka Acara pelatihan tim monitoring perempuan Kecamatan Carenang.
Menurut Syukur Ketua UPK Kecamatan Carenang didampingi Aah Mulyanah selaku fasilitator kegiatan Program PNPM Kecamatan Carenang menjelaskan kegiatan ini bertujuan untuk membantu para pelaku program dapat mengetahui kemajuan dan perkembangan yang telah dicapai pada setiap program. Membantu para pelaku program mengecek apakah kegiatan berhasil diselesaikan sesuai dengan rencana atau tidak. Pada penyelenggaraan pelatihan ini hampir semua terlibat seperti UPK sebanyak tiga orang, fasilitator kegiatan 1 orang, fasilitator teknis 1 orang, pendamping local 10 orang, sentrawan pengintegrasian program Tim Pelatihan Masyarakat(TPM).
“ Pematerinya dari TPM yaitu Haryadi dari Desa Bolang, Nano dari Desa Teras, Ani Maryani dari Desa Paninjoan, Hamdana dari desa Mendaya dan Yahya dari Desa Ragas. Materinya adalah prinsip-prinsip dalam pelaksanaan pemantauan, pengawasan dan evaluasi seperti obyektif dan professional, transparan, partisipatif, akuntabel. Sedangkan indicator kinerja yang dipakai dalam program adalah indikator input, indikator proses, indikator keluaran, indikator hasil dan indikator dampak. Kegiatan pemantauan, pengawasan dan evaluasi berdasarkan subyeknya dan waktunya, bisa secara rutin, bisa juga secara berkala. Kegiatan monitoring tim koordinasi PNPM Mandiri pedesaan dilakukan maksimal dua kali dalam setahun, yang terlibat dalam kegiatan ini adalah TK PNPM Mandiri Pedesaan Pusat dan daerah,” kata Aah Mulyanah.