PAUD TERATE CEMERLANG DAN RA YASSHOFI CIKANDE PERMAI -->

Advertisement

Masukkan script iklan 970x90px

PAUD TERATE CEMERLANG DAN RA YASSHOFI CIKANDE PERMAI

Friday, June 24, 2011

Kabupaten Serang. Pendidikan anak usia dini (PAUD) dan Raudhotul Afhfal (RA) adalah jenjang pendidikan sebelum jenjang pendidikan dasar yang merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut, yang diselenggarakan pada jalur formal, nonformal, dan informal. “ Pendidikan anak usia dini merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitikberatkan pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan perkembangan fisik (koordinasi motorik halus dan kasar), kecerdasan (daya pikir, daya cipta, kecerdasan emosi, kecerdasan spiritual), sosio emosional (sikap dan perilaku serta agama) bahasa dan komunikasi, sesuai dengan keunikan dan tahap-tahap perkembangan yang dilalui oleh anak usia dini.
Ada dua tujuan diselenggarakannya pendidikan anak usia dini yaitu: Tujuan utama untuk membentuk anak Indonesia yang berkualitas, yaitu anak yang tumbuh dan berkembang sesuai dengan tingkat perkembangannya sehingga memiliki kesiapan yang optimal di dalam memasuki pendidikan dasar serta mengarungi kehidupan di masa dewasa. Tujuan penyerta untuk membantu menyiapkan anak mencapai kesiapan belajar (akademik) di sekolah. Rentangan anak usia dini menurut Pasal 28 UU Sisdiknas No.20/2003 ayat 1 adalah 0-6 tahun. Sementara menurut kajian rumpun keilmuan PAUD dan penyelenggaraannya di beberapa negara, PAUD dilaksanakan sejak usia 0-8 tahun, “ Demikian dikatakan Aen Nur Aeni S.Pd.I Kepala Paud Terate Cemerlang dan RA Yasshofi saat menggelar kegiatan pawai yang diikuti kurang lebih 300 anak, dari Paud Terate Cemerlang, RA, MDA, SMP Yasshofi.
Menurut Aen Nur Aeni S.Pd.I kegiatan seperti pawai ini dapat mengajarkan kepada anak akan pentingnya kebersamaan, kekompakan, keceriaan dan menyehatkan. Disamping itu kegiatan pawai merupakan salah satu sarana efektif pengenalan sekolah kepada masyarakat bahwa Paud Terate Cemerlang dan RA Yasshofi itu ada dan memberikan kontribusi dalam memajukan dunia pendidikan di Kecamatan Cikande. “ Pawai dimulai dari Paud Terate Cemerlang Blok A4 nomor 17 Cikande Permai kemudian lewat blok B menuju jalan utama kemudian lewat kampung Patikus, Kampung Gedong Burung, Masigit kemudian finish di Kampung Bahbul. Anak-anak bergembira menyanyi diiringi dengan drum band, marawis dan rebana, berjalan pelan sambil menyanyikan lagu Islami. Jarak tempuhnya kurang lebih dua km dimulai jam 15.30 wib sampai 16.30 wib. Saat melintas di beberapa kampung, masyarakat berbondong-bondong menyaksikan pawai ini. Hati kami gembira sekali karena melalui cara ini kita dapat mensyiarkan Islam sekaligus mengenalkan eksistensi sekolah,” kata Aen Nur Aeni.